Friday 5 September 2014

[Recommendation] H2O Manhwa, The One That Won't Let You Stop Till The End!

Hi. It's me again.

After a long time, i decided to do this.
Kali ini gue akan merekomendasi salah satu dari my-long-list-comics-that-i've-read. Kenapa akhirnya gue memilih untuk melakukan rekomendasi komik ? Well, it's simply because i love reading comics so much.

Sebenarnya gue suka "tinggal" di dunia lain. TV Series, Drama, Movie, Music, Novel, dan bahkan Komik. Mereka semua menyajikan sebuah dunia yang hanya berada di imajinasi author-nya, kan ? Semua karakter dan lingkungan mereka hanyalah fantasi yang dihidupkan. That's why gue selalu suka dengan sesuatu yang berbau fiksi. I love dreaming and playing with my fantasies. Memang aneh kalau dipikir-pikir kenapa gue terlalu pathetic untuk terlalu addict dengan hal-hal yang begitu fiktif.

Komik adalah salah satu tempat yang paling mengakomodasi kesukaan gue terhadap hal-hal fiksi. Pertama, gambaran sang author tentang bagaimana imajinasinya berjalan di sebuah judul dengan mudah tersampaikan dengan baik tidak seperti novel yang perlu dibayangkan sendiri-sendiri. Kedua, gue tidak perlu membutuhkan konsentrasi penuh sepanjang waktu. Kalau menonton, tentu saja kita perlu pandangan fokus ke layar, kan ? Kalau komik, kita tidak perlu repot-repot pause and play, cukup berhenti scroll (Hell yeah, i read them online!) dan lanjutkan kalau sudah bisa kembali fokus. Dan ketiga, sangat mudah sekali mendapatkan komik secara random dan berlimpah di situs komik online dan sangat up-to-date.

Gue suka semua genre komik. Mulai dari Romance, School Life, Shoujo dan Shounen, Action, Psychological, Fantasy, Suspense, Thriller, hingga genre yang "nyeleneh" seperti Ecchi (oopsy), Yaoi (but not Yuri, please note that), dan Seinen. Ada masanya gue merasa lelah sama genre romance yang terlalu biasa dan memilih untuk baca action. Atau ada masanya pula ketika gue bosan dengan pertarungan dan memilih untuk baca horor. Dan, bisa pula disaat gue sangat bosan dengan kisah cinta yang biasa hingga akhirnya penasaran dengan jalan cerita cinta-cinta terlarang (my image is ruined).
Lupakan semua curhat gue dan kembali ke masalah rekomendasi komik kali ini.

Entah mengapa gue memilih untuk merekomendasi komik ini dibandingkan semua yang sudah gue baca. I swear banyak komik yang lebih bakal gue rekomendasi secara personal, seperti Death Note (as usual), Noblesse, Code Geass, Attack on Titan, dan lain-lain. Atau mungkin komik dengan genre romance yang lebih bagus daripada komik ini, tetapi i don't know why komik pertama yang gue rekomendasikan di blog ini adalah H2O.

Kenapa ?

This manhwa has a great twist. Cukup susah menyebutkan komik romantis mana yang punya twist plot yang cukup exciting. Apalagi dengan jumlah chapter yang sedikit, seharusnya rekomendasi seperti ini yang bisa membuat para outsider of this manga world jadi tertarik untuk baca, right ?

Mulai dari basic information-nya Nama komik ini adalah H2O. Yes, as simple as that. H2O. Komik asal Korea Selatan ini dibuat oleh Hwang Sook Ji.dengan total 7 Volume dan 43 Chapter. Here is the manhwa cover:

Omona uri Taek-Gang <3
*Please note that this description is based on my perception*


Ceritanya diawali oleh Yoon Myung-A, seorang vice representative di sekolahnya yang pintar tetapi suka di-bully oleh yang lainnya. Myunga digambarkan sebagai seorang coward yang pasrah dengan takdirnya di-bully dan hampir ingin bunuh diri. Tetapi pada saat itu pula dia bertemu dengan Hanako seorang Japanese-Korean yang baru datang ke Korea dan semua barangnya dicuri. Hanako akhirnya masuk ke sekolah yang sama bersama Myunga dan menjadi teman baik. Saat itu pula Hanako dan Myunga bertemu dengan Na Hong-Soo, a low-grade student yang rupanya penggemar berat seorang Gravure Model yang tidak lain adalah Hanako. Selain itu ada pula Choi Taek-Gang, a total bastard yang rupanya pencuri koper Hanako. Ada pula Eechan, student body president yang disukai oleh Myunga. Eecahan adalah tipikal presiden sekolah di setiap manga yang pasti ramah, pintar, tampan, dan perfectly a neat person.

Di awal-awal plot, Taek-Gang menargetkan Hanako untuk menjadi kekasihnya, yang tentu saja membuat Hong-Soo saling merebutkan Hanako. I personally like this kind of plot, si berandal menyukai seorang perempuan dan apalagi dia punya pesaing. That's a common, plot.

Hey, kalau plotnya hanya sampai itu saja, buat apa gue rekomendasikan ?

Lalu kalau begitu, buat apa ada Myunga, benar kan ?

Plot tiba-tiba berubah. Berdasarkan pengalaman gue membaca komik, ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi. Hanako akan jatuh ke pelukan Taek-Gang dan Myunga akhirnya bersama dengan Eechan. Well, Hwang Sook Ji benar-benar membuat twist yang berhasil membuat gue jatuh cinta dengan komik ini.

Biasanya si berandal akan berubah menjadi baik. That's not gonna happen.

Biasanya si perempuan utama akan bersama dengan laki-laki pujaannya yang sudah lama disukai secara diam-diam. That's not gonna happen too.

Haruskah gue spoiler ?

Seiring dengan cerita, kalian akan mulai secara tidak sadar menikmati perbuahan plot yang pada akhirnya setelah dipikirkan lagi, sangat mengejutkan. Akan ada banyak pertanyaan, kenapa si ini akhirnya bersama ini, atau bagaimana bisa si ini begini dan sebagainya. Tetapi sampai akhir ceritanya, kalian benar-benar akan merasa ter-entertain dengan baik.

Gue memang biasanya suka dengan tipe bad boy turns good, tetapi kali pertama gue bertemu Taek-Gang, dia benar-benar kasar dan tanpa perasaan. Istilahnya dia benar-benar brengsek luar dalam, menyebalkan tanpa ada sisi yang bisa disukai.

*Spoiler Time*

Akhirnya gue tergila-gila dengan Taek-Gang saat si bad boy ini mulai beralih melupakan Hanako dan tiba-tiba menyukai Myunga secara misterius. OMG YES I SAID MYUNGA. Lalu bagaimana dengan Eechan ? Pada saat Eechan juga mengatakan kalau dia menyukai Myunga juga, kenapa akhirnya Myunga berbalik arah padahal itulah yang dia inginkan sejak dulu ?

Eechan was better in everyway than Taek-Gang. Bagaimana bisa Taek-Gang yang awalnya memilih Hanako berpaling ke Myunga ? Tetapi disanalah akhirnya gue mulai tergila-gila dengan Taek-Gang. Dia tidak berubah baik, sama sekali walaupun dia pernah berusaha untuk menjadi murid yang normal dan masuk setiap hari dan akhirnya gagal. Taek-Gang tetap dirinya hingga akhir cerita. Hanya saja gue bisa melihat sisi lain dari berandal yang perhatian dengan perempuan yang disukainya.

Kembali ke Hanako, dia menyimpan misteri yang menjadi alasannya datang ke Korea. Awalnya gue sama sekali tidak membayangkan rahasia apa yang disembunyikan Hanako ini, but i'm impressed with the surprise. Hong Soo akhirnya menerima Hanako dan berjuang bersama Hanako hingga akhir cerita.

Lalu bagaimana dengan Eechan ? Sebenarnya masih ada 1 karakter lagi tetapi karakter ini juga secara tiba-tiba menjadi sorotan. H2O benar-benar memberikan gue experience baru, setidaknya dari chapter pertama yang cukup lame menurut gue, yang men-highlight masalah bullying hingga menjadi cerita yang semakin susah ditebak kelanjutannya. Sebenarnya tidak sesusah itu juga. I'm just exaggerating now haha...

One that i love about manhwa, mereka cukup pintar membuat cerita romance yang penuh twist. Bagi yang terbiasa baca komik romance, pembaca seperti gue pasti akan cepat bosan untuk plot yang tidak penuh kejutan dan akhirnya memilih genre lain untuk dibaca. Entah mengapa gue semakin ingin membaca komik seperti ini lagi. Romance yang diberikan berbeda dan tidak berlebihan. Mungkin karena masih sekitar school life dan tidak ada overly rich family, ceritanya masih simpel tetapi penuh kejutan.

Rate: 4.8 of 5

Thank you fellow,

Happy reading.

Lovely,

Salz.