Friday 19 November 2021

A Look Back at The Past: FLY HIGH, MY FLY TO THE SKY...


Halo,

Tinggal beberapa bulan lagi sebelum akhirnya kita merayakan 2nd Anniversary of Living in a Pandemic Life dan ketika gue menemukan notifikasi dari Google Photos yang terlalu berinisiatif membuat video memori beberapa tahun belakangan di minggu-minggu ini, jadilah emosi gue kembali labil terutama waktu gue sadar kalau ternyata,

    I successfully celebrated Fly to The Sky Debut Anniversary by Watching Their Concert in Korea for 2 Times Straight   

 
Left: 19th Anniversary Concert (2018) Right: 20th Anniversary Concert (2019)

It is more like a satisfactory achievement of a fangirl though.

Sebenarnya gue bukan fangirl mereka yang benar-benar ngikutin mereka dari awal (karena gue ga setua itu juga) tetapi gue emang udah tergila-gila dari comeback mereka di 2014 dan sejak itu hidup gue berubah. Semua ini emang gara-gara 너를 너를 너를, sih. Karena gue sadar gue ketinggalan one of greatest singers in Korea, gue pakai sistem sks buat mengejar ketertinggalan gue sebagai seorang fangirl waktu itu. Di masa-masa itu juga cukup menderita bagi gue karena [1] konten mereka kurang sekali [2] international fans mereka itu agak memperihatinkan (kecuali Jepang) jadi beberapa informasi perlu dicerna mentah-mentah aja.

Gue juga inget dan sadar, berdoa supaya mereka konser disini itu terlalu mustahil juga karena bahkan gue kesulitan buat cari fanaccount Indo, apalagi dengan base yang bisa buat promotor ngelirik. Bahkan sampai hari inipun, gue semakin ragu kalau jumlahnya berkembang sih. Ditambah lagi, kpoppers generasi sekarang juga bakal ngerasa kalau mereka ini cocoknya jadi sejarah aja kali ya 😂. Waktu itu keluarlah obsesi gue buat menjadi promotor namun hilang sekejap ketika tahu jadi promotor khususnya KPop Concert itu bakal batin banget. Target market gue terlalu ababil dan cerewet, apalagi target event gue kayaknya ga bakal bikin cuan juga deh.

Di tahun 2017, gue merasa menyesal saat sadar kalau gue baru aja melewatkan konser mereka di tahun itu! Padahal waktunya cuma <2 bulan dari kali pertama gue menjajakkan kaki di Korea waktu itu. Dan ga mungkin dong gue balik lagi hanya demi nonton mereka? Gue tidak setajir itu pada saat itu juga, ditambah visa gue masih single entry, udah gitu gue gapunya jatah cuti yang cukup lagi dan ditambah, gue ga ada teman yang bisa diajak gila bareng buat asal terbang-nonton-pulang gitu aja.

Long story short, di 2018 gue melancong lagi ke Korea 2 kali, di awal dan akhir tahun, tapi jadwalnya agak main tembak aja, toh plan-nya udah dari lama dan ga ada aroma-aromanya FTTS bakal bikin konser lagi. Gue cuma berdoa aja, kalau jodoh gabakal kemana. Dan YES di akhir tahun pas banget jadwal trip gue berbarengan sama jadwal konser mereka. Rasanya itu kayak... susah dijelaskan pokoknya.

Kali pertama nonton konser di Korea, gue agak ga yakin kalo ini experience yang sama yang bakal dirasain kalo nonton konser lainnya sih.

 

Pertama, masalah ticketing. Jadi waktu itu gue udah standby di website Global Interpark dari lama sampai akhirnya keluarlah masalah waktu di hari penjualannya.

Mereka ga jual tiketnya di Global Interpark!

FYI. Jadi ada 2 website untuk pembelian tiket di Interpark, yaitu Interpark Korea dan Global Interpark. Global Interpark pakai english dan emang ditargetkan untuk International Buyer, sedangkan Interpark Korea, walaupun gue sedikit mengerti bahasanya, tetap akan ada permasalahan yang gabisa di solved, harus ada Residence ID dan alamat di Korea.

Dengan kondisi panik, karena gue tahu pengalaman ticket war itu bagaimana, gue memberanikan diri buat kirim email ke Interpark-nya,

E-mail tanggal 26 Oktober, dibales 29 Oktober, tetapi untungnya dengan solusi! Akhirnya dibuka!

Entah ini agak sedih atau sebenarnya beruntung, ya? Sedih banget kalau mikir Interpark atau si agencynya ga ada kepikiran bakal ada International fans yang bela-belain beli dan nonton konser FTTS ini, tetapi beruntung juga gue terobsesi sama FTTS ini karena ga ada ticket war sampe soldout-soldoutan jadi walaupun telat berapa hari gue masih bisa dapet tiketnya. Coba kalau yang gue kejar ini semacam EXO atau artist mega populer lain, yang jelas Interpark pasti bakal buka ticketingnya dan apa mungkin server Indo bisa ngalahin server sana dan belahan dunia lainnya juga? Lagipula, kalau yang populer di Indo pun masih bisa berharap nonton di Indo pula sih, ngapain bela-belain amat toh?

Sedikit cerita tentang ticketing, gue agak surprised waktu gue beli tiket konsernya yang 11-12 sama beli tiket bioskop. Tenang banget pilih-pilih kursi sama tanggalnya, mau dibuka-tutup lagi juga seatnya masih available, ini miris hitungannya bukan sih? Dan sedikit terjawab waktu gue akhirnya datang sendiri ke venue dan nontonnya.

Di hari H, karena agenda gue padat, gue ga yakin kalo gue harus standby dari pagi (kayak konser lainnya) karena gue pun juga udah punya seat number, harusnya gue santai-santai aja. Gue dateng mepet, dengan kondisi belom tuker tiket pula. FYI, waktu gue mau masuk venue, gue bawa e-ticket yang di print waktu itu dan waktu mau masuk gue malah diarahin ke ticket booth. Disitu gue ngeliat antriannya mengular di beberapa booth, tetapi gue liat ada booth kosong dan tulisannya disitu untuk penukaran Global Ticket.

Sumpah, kayaknya memang lebih banyak audience yang beli tiket go-show, bener-bener kayak nonton Bioskop aja. Sedangkan yang udah beli advance ticket itu sudah jelas hardcore fans aja deh. Analisa bodoh gue, cuman sekitar 50% dari ticket sales itu dibeli sama fans niat, sisanya penikmat musik FTTS aja yang kebetulan lagi weekend date atau nothing to do. Yup, di section gue itu banyak banget audience yang selow-selow aja nikmatin konsernya, menghayati dalam hati, nyanyi lirih-lirih gapake teriak lebay kayak konser lainnya yang selama ini gue datengin. Kebayang ga sih lo lagi masa penjajakan atau pacaran terus nonton konser sama doi, mana mungkin keliatan hardcore-nya juga kan? Lagipula lagunya mereka itu kebanyakan ballad tentang heartbreak, ini gimana sih para muda-mudi Korea? Lagi ngode apa? 😅😅😅. 

BTW gue juga ga nemu tuh muka-muka ASEAN di venue dan section gue. Ada cukup banyak muka foreign tapi mostly Japanese dan tipenya itu kebanyakan mamah-mamah necis Jepang gitu. Audiencenya juga spesifik sih, yang jelas didominasi early 30s, hampir ga ada muka-muka anak sekolahan jadi emang ambiancenya seru banget kayak nonton konser jazz lah yang penuh penghayatan. Karena lagu FTTS itu emang enaknya dihayati juga, tapi jadinya kurang tersalurkan aja emosi gue waktu itu karena sing-alongnya kurang all in. Udah gitu, ga ada tuh yang ngerekam-rekam ganggu pemandangan, semuanya fokus nikmatin momennya banget.

Yang jelas 1st Concert in Korea pertama gue begitu indah dan nyaman, jelas gue berambisi buat nonton yang keduanya lagi di momen berikutnya. Sekali lagi, FTTS itu emang bukan Idol group masa kini banget apalagi mengingat usia mereka-merekanya. Berharap mereka comeback aja udah sujud syukur, apalagi konser?

Tetapi logically speaking, di November 2019 itu anniversary mereka ke-20, masa sih ga mungkin dibuat konsernya? Jadi di kali ke-4 gue ke Korea, gue sudah persiapkan jadwal yang mepet-mepet sama kemungkinan konser mereka. Then my guess was right. Akhirnya keluarlah pengumuman penting bahwa mereka bakal ngadain konser 20th anniversary mereka. 

Kembali ke drama konser kedua ini, masalah yang sama terulang, tiketnya ga dijual di Global Interpark! Tapi karena gue sudah berpengalaman sama masalah ini, tentu aja gue email lagi ke CS-nya. Tapi masalah baru dateng, begini jawaban Interparknya yang bikin hati gue potek,

Bangke, bisa-bisanya balesannya begitu! Jadi opsinya:
[1] Gue pesen by Phone, tapi bahasa Korea. Piye jal?
[2] Booking by email, tapi gue kasih nomor cc dan ada alamat Koreanya + nomor telepon. Ya mana mungkin bos.
[3] Beli at site. Terus kalo gue gadapet, gue nangis-nangis di pojokan, siapa yang mau mengasihani gue??
 
Kesedihan gue terus berlarut ditambah deg-degan karena gue cuma bisa bergantung dengan opsi [3] dong. Eh, tiba-tiba nongol lagi lah e-mail pelipur lara seperti ini,

Kadang gue suka mikir, ini gue mau ngapain sih rasanya kayak extreme sport banget pake adrenalin gini ya?

Gapake babibu, gue akhirnya pesen tiketnya, pake gemeter, gatau kenapa, gue pilih yang paling depan yang bisa gue ambil kali ini. Gue mau liat Hwanhee dari deket pokoknya gamau tau. Tapi yah, namanya juga nasib, kalah cepet gara-gara ga kebuka di Global. Gue dapet ga paling depan banget sih tapi gue secure-in dulu tiketnya. Suatu hari gue buka dan gue cek ada row yang lebih depan lagi, gapake babibu gue langsung book lagi dan gue cancel yang lama. Emang anaknya gamau rugi banget sih, kalo bisa selangkah lebih depan, kenapa engga? Jadilah perkara void tagihan cc yang bikin deg-degan juga tapi ga pedulilah ujung-ujungnya.

Udah gitu, di hari H, karena pengalaman sebelumnya santai-santai aja ga masalah, gue masih main-main muter dulu sampe noraebang di Hongdae dulu nyanyiin lagu mereka semacam pemanasan. Pas buka jam, paniklah karena telat banget ampun. Ditambah lagi, bisa-bisanya gue salah naik metro! Jadi jalur metro ke Olympic Park ini emang agak tricky. Kurang lebih kayak di Stasiun Manggarai di jalur Bogor yang biasanya ada 2 kemungkinan, arah Nambo atau Bogor yang nangkring di jalur itu. Nah di Stasiun Gangdong itulah momen gue sadar kalo gue yang harusnya ke Olympic Park berarti arahnya ke Macheon, ternyata naik yang ke Sangil-dong! Kurang lebih rutenya begini:


Dan timeline Google Map menangkap dengan indah kebodohan gue yang langka ini,


Iya waktu itu gue main dulu paginya ke Museum, balik ke Hongdae makan sama karaokean, terus baru jam 5 berangkat padahal konsernya jam 6.00PM. Dan gara-gara salah naik metro, paniklah dan pilih naik bus aja yang kondisinya rush hour dan setopan bus itu ga nahan bangetlah. Pas nyampe di bus stop, langsung lari sekuat tenaga dan kondisinya udah gelap banget. Haha. Nonton konser telat masuk. Bisa banget. Kondisinya di area Olympic Park juga ada konser IU di KSPO Dome yang suaranya menggelegar keluar, tapi gue melangkah maju ke Olympic Art Hall yang... bahkan jalan ke arah Hallnya aja gelap gulita sampe gue ragu dan nyari sumber suara yang kira-kira konser FTTS ini di gedung yang mana sih.

Waktu nyampe, langsung duduk soalnya udah mulai banget. Agak beda sama pengalaman pertama, karena gue milih yang section depan, hype-nya lebih berasa. Tapi karena konser kali ini juga bareng sama MFBTY yang hiphop abis jadi vibenya pecah abis sih. Audiencenya juga lebih bervariasi daripada 2018 dulu. Baru waktu FTTS perform, makin pecah sih ya terutama gue. 

Kali ini gue rekam terus gapake malu apalagi tengsin gara-gara yang lain ga begitu, karena gue nyesel waktu dulu ga ada dokumentasinya sama sekali jadi ga ada yang bisa bikin nostalgia lagi. Dan walaupun gue ga pernah dan ga nyari setlist konsernya, gue sing along sepanjang konser sih. Terserah deh kalo ada yang terganggu sama gue waktu itu karena gue gatau kapan lagi punya momen begini kan. Makin gila lagi karena 너를 너를 너를 juga di-performin, padahal di 2018 engga tuh. Dan semua audience juga kayak menanti-nanti banget sih. Pokoknya konser kedua ini vibe-nya beda banget sama pertama, bener-bener allout dan heboh banget. Puas banget pokoknya.

Setelah konser kedua ini gue sudah janji ke diri sendiri kalau gue bakal ada kapanpun mereka ngadain konser. Di momen itu gue udah yakin kalo gue harus mengusahakan diri buat dateng gamau tau caranya. Visa multiple entry udah gue pegang, perkara duit masih bisa dicari, tapi kalo masalah waktu, udah gabisa jadi alasan lagi. Gue ga yakin mereka bakal rutin ngadain konser bahkan setahun sekalipun, dan kalaupun iya, kembali mengingat usia, kira-kira sampe berapa tahun lagi mereka bakal rajin konser? Gue harus memaklumi diri kalau yang gue obsesikan ini udah bukan generasi produktif banget, kan? 😂

Dan gue ga mungkin ga mengabadikan momen ini juga, akhirnya gue post di IG Feed dengan caption begini,

Well, this is it.

The very moment of 20th Fly to the Sky Debut Anniversary, which I successfully attended and celebrated!

With all the drama happened, from the ticketing issues (it wasn't opened for global at first!!!) and also cancelling-reordering matter.

Belum lagi D-day ngejar waktu gara-gara keasikan sama coin noraebang, salah naik tujuan subway (which I rarely did) dan pindah naik bis terus lari-lari dari depan pintu Olympic Park ke Olympic Hall karena telat masuk.

But WOW. Just WOW. It's worth all the penny, drama, and effort! I am always willing to do everything to attend their concert again and again.

Bang, doakan kita semua sehat dan saya lancar rezeki biar bisa ketemu lagi di event selanjutnya ya!

With love,

S.

Dan waktu hari ini gue mikir lagi, apa yang ada di benak gue waktu itu buat bikin caption begitu, ya? Apa emang udah ada feelingkah kalo setelah momen itu, tiba-tiba pandemi begini? Yang walaupun gue punya uang berapapun, ga mungkin gue bisa nonton. Ditambah lagi paragraf terakhir itu bukan "gue" banget. Ga pernah-pernahnya gue buat caption begini sih asli.

Anyway, post ini memang gue dedikasikan untuk merayakan anniversary mereka yang setelah dua tahun gue rayakan bersama, dua tahun kemudiannya cuma bisa gigit jari aja. Semoga kutukan dua tahun ini ga kembali di tahun depan ya.

Stay safe everyone!

-S